Skip to main content

Trustworthiness of Data

  Menurut Guba dan Lincoln kriteria penelitian dapat dipercaya dalam menampilkan fenomena yang mendukung keakuratan penelitian, meliputi: 1.       Credibility merupakan penelitian dipercaya ketika partisipan mengakui temuan penelitian sebagai pengalamannya. 2.       Dependability merupakan data yang didapatkan stabil pada setiap waktu dan kondisi. Proses penelitian logis, dapat dilacak, dan pendokumentasian jelas. 3.       Conformability merupakan objektivitas data atau kenetralan data yang menunjukkan bahwa intepretasi dan temuan penelitian jelas berasal dari data serta sebagai petunjuk sebuah kesimpulan dan intepretasi telah di capai. Transferability merupakan generalisasi penerapan hasil penelitian untuk diterapkan pada tempat atau kondisi yang setara.

PENGKAJIAN SPIRITUAL: SPIRITUAL HEALTH INVENTORY

 

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Topik                           : Spiritual Assessment

Pokok Bahasan           : Spiritual Health Inventory (SHI)

Target/sasaran             : Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Narkoba

Hari/tanggal                : Senin, 30 Maret 2020

Waktu                                     : 08.30-08.45 wib (1x15 menit)

Tempat                        : Lapas

 

A.    TUJUAN

Setelah mengikuti kegiatan spiritual assessment WBP narkoba terdeteksi kebutuhan spiritualnya.

B.     ALAT

Spiritual Health Inventory tools terlampir.

C.    PESERTA

Warga Binaan Pemasyarakatan Narkoba.

D.    METODE

Wawancara

E.     KEGIATAN

No.

Waktu

Kegiatan

Peserta

1.

3 menit

Kegiatan membuka penyuluhan

Tahap Pendahuluan

·         Mengucap salam

·         Memperkenalkan diri

·         Menggali identitas klien.

·         Menjelaskan tujuan yang akan dicapai

 

 

·       Menjawab salam

·       Mengenal perawat

·       Mengemukakan identitas diri

·       Menyimak dengan seksama

2.

15 menit

Kegiatan inti (Tahap penyajian):

·         Menggali pemahaman spiritual klien.

·         Melakukan pengkajian spiritual klien.

·         Memberikan reinforcement positif

atas jawaban klien.

 

·         Menyimak dengan seksama

·         Menanggapi pertanyaan

·         Menerima reinforcement diberikan.

3.

2 menit

Kegiatan menutup pendidikan

kesehatan (Tahap penutup)

·         Mengajukan pertanyaan sebagai evaluasi

§  Menggali pemahaman klien tentang guided imagery islami.

§  Menggali pemahaman klien tentang tujuan guided imagery islami.

§  Mengagali pemahaman klien tentang langkah-langkah guided imagery islami.

·         Menyampaikan kesimpulan

·         Mengucapkan salam penutup.

·         Klien menjawab pertanyaan yang diberikan

·         Menjawab salam.

F.     EVALUASI

1.      Evaluasi proses

Klien berpartisipasi aktif selama berlangsungnya pengkajian SHI.

2.      Evaluasi hasil

Klien menjawab pertanyaan pengkajian SHI sebesar 100%.


 

INVENTARIS PASIEN

Petunjuk: Berikut ini adalah daftar dari perasaan, keyakinan, dan pikiran beberapa pasien. Harap lingkari angka yang menunjukkan seberapa sering Anda secara pribadi bedasarkan pengalaman masing-masing.

1.      Lingkaran 5 jika Anda mengalami item sepanjang waktu,

2.      Lingkaran 4 jika Anda sebagian besar waktu mengalaminya,

3.      Lingkaran 3 jika Anda hanya mengalaminya beberapa waktu, dan

4.      Lingkaran 2 jika Anda hampir tidak pernah mengalaminya.

5.      Lingkaran 1 jika Anda tidak pernah mengalami.

Penting bahwa Anda menanggapi setiap item dalam beberapa cara.

CONTOH: Harap lingkari nomor di sebelah kanan yang menunjukkan seberapa sering Anda mengalami masing-masing berikut ini:

Saya merasa senang

Tidak Pernah

Hampir Tidak Pernah

Beberapa Waktu

Sebagian Besar Waktu

Setiap Waktu

1

2

3

4

5

Menandai 4 di atas menunjukkan bahwa Anda merasa senang sebagian besar waktu.

 

Mulai disini

Harap lingkari nomor di sebelah kanan yang menunjukkan seberapa sering Anda mengalami masing-masing berikut ini:

Tidak Pernah

Hampir Tidak Pernah

Beberapa Waktu

Sebagian Besar Waktu

Setiap Waktu

1.      Saya berharap tentang masa depan saya.

1

2

3

4

5

2.      Saya percaya bahwa Tuhan dapat membantu saya.

1

2

3

4

5

3.      Saya percaya bahwa hal-hal akan berubah untuk yang terbaik.

1

2

3

4

5

4.      Aku bertanya-tanya jika Tuhan marah dengan saya.

1

2

3

4

5

Harap lingkari nomor di sebelah kanan yang menunjukkan seberapa sering Anda mengalami masing-masing berikut ini:

Tidak Pernah

Hampir Tidak Pernah

Beberapa Waktu

Sebagian Besar Waktu

Setiap Waktu

5.      Saya merasa berharga sebagai manusia bahkan ketika saya tidak bisa melakukan sebanyak yang saya bisa sebelumnya.

1

2

3

4

5

6.      Para dokter dan perawat setuju dengan komentar saya tentang kesehatan saya.

1

2

3

4

5

7.      Saya merasa marah dengan orang lain.

1

2

3

4

5

8.      Saya percaya bahwa Tuhan menerima saya bahkan dengan kesalahan saya.

1

2

3

4

5

9.      Saya khawatir tentang tes dan diagnosis.

1

2

3

4

5

10.  Saya merasa bahwa penyakit saya tidak memiliki tujuan atau makna.

1

2

3

4

5

11.  Saya percaya bahwa orang lain menerima saya bahkan dengan kesalahan saya.

1

2

3

4

5

12.  Saya merasa kehilangan kontak dengan perasaan saya sendiri dan dengan orang lain.

1

2

3

4

5

13.  Saya percaya tidak ada yang dapat dilakukan untuk saya.

1

2

3

4

5

14.  Saya memiliki perasaan negatif dan positif yang kuat terhadap iman saya.

1

2

3

4

5

15.  Saya khawatir bahwa saya tidak akan mampu mencukupi untuk keluarga saya selama saya sakit.

1

2

3

4

5

16.  Saya telah beradaptasi dengan setiap penurunan keterlibatan dalam karir, perkawinan, dan orangtua.

1

2

3

4

5

17.  Saya takut pada treatment saya.

1

2

3

4

5

18.  Saya percaya bahwa sesuatu akan menjadi lebih baik.

1

2

3

4

5

19.  Saya khawatir kehilangan kendali atas situasi saya.

1

2

3

4

5

20.  Saya percaya perawat dan dokter saya peduli padaku.

1

2

3

4

5

21.  Saya percaya orang lain dapat membantu saya.

1

2

3

4

5

22.  Saya merasa perlu diampuni dari beberapa pikiran dan perasaan saya

1

2

3

4

5

Harap lingkari nomor di sebelah kanan yang menunjukkan seberapa sering Anda mengalami masing-masing berikut ini:

Tidak Pernah

Hampir Tidak Pernah

Beberapa Waktu

Sebagian Besar Waktu

Setiap Waktu

23.  Saya merasa bahwa orang lain bersedia untuk membantu ketika saya membutuhkannya.

1

2

3

4

5

24.  Saya khawatir tentang kehidupan setelah kematian.

1

2

3

4

5

25.  Saya berpartisipasi aktif dalam keputusan perawatan kesehatan saya

1

2

3

4

5

26.  Saya merasa bahwa itu tidak adil bahwa saya sakit.

1

2

3

4

5

27.  Saya menjaga keseimbangan antara kemandirian dan ketergantungan.

1

2

3

4

5

28.  Saya merasa diterima dan diampuni.

1

2

3

4

5

29.  Saya merasa marah dengan diriku sendiri.

1

2

3

4

5

30.  Saya menemukan sesuatu yang saya gemari.

1

2

3

4

5

31.  Saya memiliki tujuan hidup.

1

2

3

4

5

 

SEMUA PERINGKAT berikut mulai PERTAMA sampai TERAKHIR.

Gunakan 1 untuk Anda pilihan pertama, 2 untuk pilihan kedua, 3 untuk pilihan ketiga, dan seterusnya sampai semua peringkat.

32. Jika saya ingin berbicara dengan seseorang tentang salah satu perasaan atau masalah di atas,

saya akan berbicara dengan:

         Pendeta                                                                                Psikiater/psikolog       

         Anggota keluarga atau teman dekat                                    Seorang pekerja sosial

         Perawat                                                                                Lainnya (tolong sebutkan)

         Pastor pribadi, rabbi, atau penasihat spiritual

         Dokter


 

A.    Alasan Pemilihan Kegiatan Spiritual Assesment

Dua pendekatan mengenai spiritualitas, yaitu pendekatan fungsional dan pendekatan substansial.1 Dalam pendekatan fungsional, spiritualitas ditafsirkan dalam hal  dimensi fungsi manusia. Ini menyiratkan bahwa semua orang dalam beberapa cara spiritual tetapi mungkin berbeda sehubungan dengan isi spiritualitas mereka. Bertentangan dengan pendekatan fungsional, pendekatan substansial merumuskan spiritualitas dalam hal mengikuti pandangan tertentu, pengalaman, atau tradisi. perbedaan konseptual ini memiliki aplikasi langsung dalam keperawatan. Di satu sisi, perawat harus mempertimbangkan bahwa klien akan mengalami atau mengekspresikan spiritualitas mereka dengan cara pakaian pribadi mereka dan yang terbaik untuk mereka. Pada saat yang sama, perawat harus menyadari bahwa setiap pasien mengalami spiritualitas dari latar belakang khusus mereka, yang menjadi jelas dalam spesifik pandangan pribadi, kebutuhan, ritual, dan perilaku. Kerohanian adalah modus eksistensial dan/atau agama dari fungsi manusia, termasuk pengalaman dan pertanyaan dari makna dan tujuan.2

Agama dapat dianggap sebagai spesifik bentuk spiritualitas, sementara spiritualitas mungkin atau mungkin tidak terkait dengan agama. Perbedaan konseptual antara spiritualitas dan agama adalah penting secara klinis, karena pasien mungkin manfaat dari dukungan spiritual sementara tidak religius. Selain itu, perlu dicatat bahwa sebagian besar dari kuesioner tentang keberagamaan seperti yang digunakan di rumah sakit mengandaikan tentang dzat Tuhan sebagai Seseorang yang secara pribadi berinteraksi dengan orang-orang. Namun, menurut penelitian empiris di beberapa negara di luar Amerika Serikat, banyak orang memiliki citra nonpersonal Tuhan.3,4

Perawat memiliki keterlibatan dalam penilaian atau pengkajian atau assessment, pemecahan masalah, berpikir kritis, peduli, dan komunikasi, untuk berhasil dalam perawatan spiritual.5 Untuk mengintegrasikan perawatan spiritual dalam asuhan keperawatan, perawat terlibat dalam penilaian spiritual saat klien masuk perawatan tampaknya diperlukan. Kebutuhan rohani harus sistematis dinilai dalam cara yang sama seperti gejala fisik dan tidak hanya harus diasumsikan karena pasien mungkin memiliki keyakinan agama yang jelas.6 Penilaian spiritual digambarkan sebagai proses dimana penyedia layanan kesehatan dapat mengidentifikasi kebutuhan spiritual klien.7,8


 

REFERENSI:

1.        Leeuwen R van. Towards nursing competencies in spiritual care [Internet]. University of Groningen, the Netherland; 2008. Available from: http://irs.ub.rug.nl/ppn/3060921321

2.        Graeff A de, Bommel J van, Deijck R van, Krol R, Oldemeijer W, Vollaard E. Palliatieve zorg: richtlijnen voor de praktijk (palliative care: guidelines for practice). Integr Kanker Cent Ned. 2010;

3.        Ven JA Van der. God reinvented? a theological search in texts and tables. Leiden, Netherland: Brill; 1998.

4.        Ven JA Van der, Dreyer J, Pieterse H. Is there a God of human rights? Las Vegas: Brill; 2004.

5.        Leeuwen R van, Schep-Akkerman A, Laarhoven HWM van. Screening patient spirituality and spiritual need in oncology nursing. Holist Nurs Pract. 2013;208.

6.        Lunder U, M MF, Simonic A. Spiritual needs assessments and measurements. Curr Opin Support Palliat Care. 2011;5:273–8.

7.        Anandarajah G, Hight E. Spirituality and medical practice: using the HOPE questions as a practical tool for spiritual assessment. Am FamPhys. 2001;63:81–9.

8.        Pierce B. The introduction and evaluation of a spiritual assessment toll in palliative care. Scott J Heal Chapl. 2004;7:39–43.

 

Comments

Popular posts from this blog

LP NSTEMI

KONSEP DASAR NSTEMI A.       PENGERTIAN NSTEMI adalah  adanya ketidakseimbangan antara pemintaan dan suplai oksigen ke miokardium terutama akibat penyempitan arteri koroner akan menyebabkan iskemia miokardium lokal. Iskemia yang bersifat sementara akan menyebabkan perubahan reversibel pada tingkat sel dan jaringan (Sylvia,2009). Unstable Angina (UA) dan Non ST Elevasi Infark Miokard diketahui merupakan suatu kesenambungan dengan kemiripan patofisiologis dan gambaran klinis sehingga pada prinsipnya penatalaksanaan keduanya tidak berbeda. Diagnosis NSTEMI ditegakkan jika pasien dengan manifestasi klinis UA menunjukkan bukti adanya nekrosis miokard  berupa peningkatan biomarker jantung (Sudoyo, 2009). Non STEMI merupakan tipe infark miokard tanpa elevasi segmen ST yang disebabkan oleh obstruksi koroner akibat erosi dan ruptur plak. Erosi dan ruptur plak ateroma menimbulkan ketidakseimbangan suplai dan kebutuhan oksigen. Pada Non STEMI, trombus yang terbentuk biasanya tidak menyeb

WOC DISTRESS SPIRITUAL

Diagnosa nanda nic noc defisiensi kesehatan komunitas