Judul : Caring for prisoners-patients: a quandary for registered nurses
Publikasi :
Journal of PeriAnesthesia Nursing Vol. 29, No. 2 (April ) 2014
Section
A: Are the results valid? |
|
1.
Was there a clear statement of the aims of the
research? a.
What was the goal af the research? b.
Why it was thought important? c.
Its relevance? |
Ya a.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menggambarkan pandangan dan pengalaman perawat dan staf kesehatan penjara
lainnya tentang peran mereka dan perawatan yang mereka berikan kepada para
tahanan. b.
Kenapa dianggap penting ? Karena adanya
kesenjangan antara perawatan dipenjara/lapas yang selama ini belum bisa
setingkat dengan perawatan layanan kesehatan yang sudah berlangsung diluar
lapas. Dan tentu untuk pengembangan pelayanan perawatan dilapas untuk waktu
yang akan dating. c.
Hal ini tentu relevan karena adanya regulasi
Peraturan Pemerintah nomor 32 Tahun 1999 tetang syarat dan tata cara
pelaksanaan hak warga binaan pemasyarakatan. |
2.
Is a qualitative methodology appropriate? a.
If the research seeks to interpret or illuminate
the actions and/or subjective experiences of research participans? b.
Is qualitative research the right methodology for
addressing the research goal |
Ya a.
Penelitian ini menangkap apa saja pengalaman yang
didapatkan oleh perawat penjara selama melakukan pelayanan perawatan
kesehatan di lapas. Dan peneliti mengambil pandangan para perawat lapas
mengenai proyeksi kedepan pelayanan perawatan yang professional yang bisa
dilaksanakan dilapas. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan wawancara
individu, dan kelompok fokus diskusi (FGD). b.
|
Is it
worth continuing? |
|
3.
Was the research design appropriate to address the
aims of the research? |
Ya Peneliti
menggunakan studi penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik etnografi.
Didalam jurnal ini peneliti memiliki 4 tim peneliti multidisiplin, metode ini
dipakai sebagai seni atau kreatifitas dari peneliti dengan observasi
partisipan. |
4.
Was the recruitment strategy appropriate to the
aims of the research? a.
If the researcher has explained how the
participants were selected b.
If they explained why the participants they
selected were the most appropriate to provide access to the type of knowledge
sought by the study c.
If there are any discussions around recruitment
(e.g. why some people chose not to take part) |
Ya a.
Peneliti menjelaskan partisipan dalam penelitian
yaitu penelitian ini dipilih dari 12 penjara yang dipilih secara sengaja dan
menangkap semua kategori sebagai penggambaran 4 daerah yang ada di Inggris.
Terpilih 80 perawat dan staff kesehatan lainnya yang dijumpai pada saat tim
peneliti melakukan kunjungan di lapas diambil sebagai informan kunci dalam 12
kelompok fokus ( n = 68), dan 12 wawancara individu dilakukan dengan manajer
perawat. b.
Peneliti juga melakukan pengkatagorian kelompok
wawancara dan kelompok focus diskusi sebagai berikut : Perekrutan perawat
untuk wawancara ditujukan pada mereka yang bekerja dalam perawatan primer;
Namun, di mana ada tim kecil, atau tim mana tugas-tugas keperawatan bersama
atau di mana perawat yang tertarik untuk terlibat dalam wawancara, maka ini
diakomodasi oleh tim peneliti. Ini berarti bahwa beberapa kelompok focus
termasuk masyarakat perawat kejiwaan atau perawat kesehatan mental, perawat
penyalahgunaan zat dan perawat di-pasien; ini menambahkan luas dan kekayaan
untuk diskusi. c.
|
5.
Was the data collected in a way that addressed the research issue? a.
If the
setting for the data collection was justified b.
If it is clear how data were collected c.
If the researcher has justifield the methods
chosen d.
If the researcher has made the methods explicit
(e.g. for interview method, is there an indication of how interviews are
conducted, or did they use a topic guide) e.
If methods were modified during the study. If so,
has the researcher explained how and why f.
If the form of data is clear (e.g. tape
recordings, video material, notes etc.) g.
If the researcher has discussed saturation of data
|
Ya a.
Peneliti dalam pengambilan data membagi ada yang
menjadi partisipan wawancara dan kolompok fokus diskusi (FGD). b.
Dalam pengkatagorian wawancara individu dan
kelompok fokus diskusi (FGD) menggunakan jadwal semi terstruktur, sebagai
berikut : 1)
Wawancara individu : dilakukan dengan cara
diakukan wawancara secara terpisah antara anggota dan menejer satu-satu. 2)
Kelompok fakus diskusi : kelompok perawat sebagai
informan kunci dan staf kesehatan lainnya, karena peneliti tertarik dengan
diskusi yang dihasilkan oleh anggota tim kesehatan. c.
Disediakan kuisioner, selama wawancara dan diskusi
dilakukan perekaman dan dilakukan transkrip verbatim. d.
e.
f.
g.
|
6.
Has the relationship between researcher and
participants been adequately considered? a.
If the researcher critically examined their own
role, potential bias and influence during (a) formulation of the research
questions (b) data collection, including sample recruitment and choice of
location. b.
How the researcher responded to events during the study
and whether they considered the implications of any changes in the research
design |
Ya a.
Proyek penelitian memiliki kelompok pengarah yang
memberikan bimbingan selama proses penelitian. Tim peneliti terdiri dari 4
tim multidisiplin dengan Keempat peneliti bekerja sebagai kelompok bukan
sebagai empat individu untuk mengembangkan dan menguji kode dan
mengidentifikasi tema yang muncul. b.
Pengumpulan data dengan sejumlah besar staf kesehatan yang bekerja di berbagai kategori
penjara memastikan bahwa pandangan sebagian nilai dari perawat dan staf
kesehatan lainnya yang bekerja dalam perawatan kesehatan penjara ditangkap.
Namun, data tidak mewakili pandangan dari semua staf kesehatan penjara. c.
Pertanyaan penelitian terdiri dari 14 item
pertanyaan semi terstruktur yang isodorkan kepada partisipan. Pemilihan
sampel sesaui kategori table 1 yang ditetapkan oleh peneliti yang
menggambarkan situasi lapas di 4 wilayah di Negara Inggris. d.
Para perawat dan staf kesehatan
lainnya diidentifikasi tiga proses inti dari peran keperawatan mereka:
mengidentifikasi kebutuhan kesehatan, memenuhi kebutuhan kesehatan dan
menjaga kesehatan tahanan. Proses ini diwakili bagaimana mereka didefinisikan
mereka sehari-hari bekerja dengan tahanan. Tiga tema lebih lanjut struktural
yang diidentifikasi: tahanan vs masalah perawatan, cara kerja baru dan
perubahan organisasi. e.
Tema-tema struktural menggambarkan
pengaruh-pengaruh yang menentukan bagaimana perawatan dikelola dan disediakan
dalam beragam pengaturan penjara, dan kembali tercermin dampak perubahan
kebijakan baru-baru ini dalam layanan kesehatan penjara |
Section
B: What are the results? |
|
7.
Have ethical issues been taken into consideration? a.
If there are sufficient details of how the
research was explained to participants for the reader to assess whether
ethical standards were maintained. b.
If the researcher has discussed issues raised by
the study (e.g. issues around informed consent or confidentiality or how they
have handled the effects of the study on the participants during and after the
study). c.
If approval has been sought from the ethics
committee |
Ya a.
Persetujuan etika untuk studi ini diperoleh dari
komite etika penelitian yang relevan. b.
Dalam penelitian kerahasiaan partisipan dijaga dan
dalam kutipan partisipan hanya diberikan pengkatagorian seperti kategori yang
sudah ditentukan oleh peneliti dalam jurnalnya. c.
|
8.
Was the data analysis sufficiently rigorous? a.
If there is an in-depth description of the
analysis process. b.
If thematic analysis is used. If so, is it clear
how the categories/themes were derived from the data. c.
Whether the researcher explains how the data
presented were selected from the original sample to demonstrate the analysis
process. d.
If sufficient data are presented to support the
findings. e.
To what extent contradictory data are taken into
account. f.
Whether the researcher critically examined their
own role, potential bias and influence during analysis and selection of data
for presentation. |
Ya a.
Peneliti menjelaskan umur partisipan, jenis
kelamin, pengkategorian kelompok fokus terdiri dari perawat umum, perawat
kesehatan mental, ada juga asisten kesehatan/pembantu perawat, pengurus
kesehatan, staf pendukung lembaga keperawatan. Untuk wawancara individu
terdiri dari beberapa kategori yaitu badan keperawatan, ada partisipan dari
kelompok focus, perawat diploma, perawat S1, perawat yang memiliki sertifikat
pelatihan. b.
Peneliti menunjukkan data hasil wawancara individu
dan kelompok fokus diskusi dari sampel penelitian. c.
Data yang didapatkan peneliti tidak mewakili
pandangan dari semua staf kesehatan penjara. d.
Dalam penelitian ini ada tim khusus untuk
menganalisis data yang didapat dan penentuan tema yang diproses melalui
consensus. e.
f.
|
9.
Is there a clear statement of findings? a.
If the findings are explicit. b.
If there is adequate discussion of the evidence
both for and against the researcher’s arguments. c.
If the researcher has discussed the credibility of
their findings (e.g. triangulation, respondent validation, more than one
analyst). d.
If the findings are discussed in relation to the
original research question. |
Ya a.
Hasil dari wawancaa maupun kelompok fokus diskusi
mendapatkan tema-tema sudah ditetapkan oleh tim penelitian. Ini sesuai dari
hasil pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh peneliti sebelumnya. Setelah
didapatan data kemudian dilakukan pembahasan oleh tim peneliti. Keandalan
interpretasi kelompok yang dihasilkan didukung melalui diskusi dalam
pertemuan tim pengarah. b.
Penelitian ini mengambil data dari berbgai sudut
pandang untuk mendapatkan data yang tebal dan kaya. c.
d.
|
Section
C: Will the results help locally? |
|
10.
How valuable is the research? a.
If the researcher discusses the contribution the
study makes to existing knowledge or understanding (e.g. do they consider the
findings in relation to current practice or policy, or relevant
research-based literature. b.
If they identify new areas where research is
necessary. c.
If the researchers have discussed whether or how
the findings can be transferred to other populations or considered other ways
the research may be used. |
Ya a.
Temuan-temuan dari penelitian kualitatif ini
menerangi isu seputar pengiriman asuhan keperawatan di Inggris dan harus
dipertimbangkan dalam Departemen Kesehatan reformasi kebijakan yang terjadi
di Inggris dan Wales. Perubahan serupa dalam kebijakan dan kesehatan
pengaturan penjara pengiriman di Skotlandia, Irlandia dan beberapa negara
Eropa sedang berlangsung, dan temuan kami mungkin relevan dalam konteks ini.
Namun, temuan harus diterjemahkan secara internasional dengan hati-hati. b.
Implikasi untuk praktek dan / atau kebijakan • cara baru
untuk bekerja oleh perawat dalam pengaturan penjara sudah mulai menciptakan
layanan yang lebih baik bagi para tahanan, termasuk resep, mendiagnosis, yang
menjalankan klinik spesialis, menerima dan membuat arahan. • Kebijakan
baru-baru ini dan perubahan organisasi menuju National Health Service -
pelayanan kesehatan yang dipimpin harus terus meningkatkan kesehatan tahanan. • Perekrutan
dan retensi perawat untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam pengaturan
penjara mungkin terus menjadi isu yang memprihatinkan. |
Comments
Post a Comment